Resep Membuat Ketupat Lebaran 2023 Komplit dan Lengkap

Resep Membuat Ketupat Lebaran 2023 Komplit dan Lengkap - Tinggal berapa hari lagi Lebaran Idul Fitri 2023 telah tiba, tentu kita perlu mempersiapkan hidangan makanan yang enak enak. Salah satunya Opor Ayam, menu yang satu ini tak pernah absen saat lebaran tiba. 

Namun jika memilih menu Opor Ayam sebagai sajian lebaran tentu masih kurang jika belum membuat menu khasnya yaitu Ketupat. Ketupat Lebaran 2023 juga sangat identik dengan momen perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri. Ketupat sendiri berbentuk kotak yang dianyam rapi dan diolah dengan bahan utama beras putih.

Resep Membuat Ketupat Lebaran 2023 Komplit dan Lengkap
Resep Membuat Ketupat Lebaran 2023 Komplit dan Lengkap

Saat mendekati Lebaran biasanya banyak pedagang yang menjual selongsong ketupat di pinggir jalan maupun di pasar, sehingga untuk membuat ketupat anda tak perlu repot untuk membuat selongsong ketupat sendiri di rumah. Ketupat Idul Fitri 2023 rasanya akan sangat lengkap jika disajikan bersama dengan sayur pelengkap seperti Opor Ayam, Soto Ayam, Sate Ayam dan lainnya. Namun paling identik jika Ketupat disajikan bersama Opor Ayam, seolah olah dua menu tersebuat tak pernah terpisahkan pada saat Lebaran. 

Untuk Cara Membuat Ketupat Lebaran sendiri sangat mudah dan praktis, yang paling penting semua bahan telah disiapkan. Waktu yang paling lama saat membuat Ketupat ialah saat perebusan, karena agar benar-benar matang sempurna. Bahan-bahan untuk membuat Ketupat Lebaran sangat simple, apa saja sih? dan bagaimana sih membuat ketupat lebaran yang enak dan anti gagal. Nah kali ini idnTraveling akan memberikan Resep Membuat Ketupat Lebaran 2023 Komplit dan Lengkap anti gagal. Yuk simak penjelasan dibawah ini :

Resep Ketupat Lebaran Komplit dan Lengkap

Resep Ketupat Lebaran Komplit dan Lengkap
Resep Ketupat Lebaran Komplit dan Lengkap

Bahan - bahan Ketupat Lebaran :

  • 500 gram beras 
  • Garam secukupnya atau sekitar 3/4 sendok teh 
  • 9 buah selongsong ketupat

Langkah Membuat Ketupat Lebaran Komplit dan Sederhana :

  1. Langkah pertama kali yang harus anda lakukan yaitu mencuci beras yang sudah anda siapkan sampai benar-benar bersih. 
  2. Cuci beras hingga air cucian beras berwarna bening. Jika sudah, silahkan tiriskan terlebih dahulu. 
  3. Kemudian ambil selongsong ketupat yang sudah anda siapkan. Lalu tarik setiap anyaman untuk mengencangkannya agar ketupat berwarna putih mulus tanpa ada garis-garis cokelat. 
  4. Langkah berikutnya buka bagian ujung selongsong ketupat dan geser ke arah bawah sampai terbuka lalu masukan beras yang sudah anda cuci dan campurkan dengan garam tadi hingga 60 persen dari volume selongsong ketupat. 
  5. Lalu kerat bagian tengah anyaman terakhir kemudian perlu diselipkan pada bagian ujung daun janur sampai kedua ujung daun janur dapat bertemu. Selanjutnya gabungkan ketupat, lalu ikat daun janurnya. 
  6. Langkah berikutnya untuk membuat Ketupa Lebaran ialah siapkan panci berukuran besar yang akan digunakan untuk merebus ketupat. 
  7. Kemudian isi panci tersebut dengan menggunakan air. Rebus air hingga mendidih. Jika air sudah mendidih, silakan masukan ketupat yang sudah anda buat tadi.
  8. Langkah terakhir yaitu perebusan ketupat hingga matang atau selama kurang lebih 3 jam. 
  9. Setelah matang, silahkan angkat dan tiriskan.
  10. Ketupat Lebaran 2023 siap disajikan.
Itulah infromasi mengenai Resep Membuat Ketupat Lebaran 2023 Komplit dan Lengkap anti gagal. Semoga artikel Kulinermantap.com ini dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin memilih Ketupat Lebaran sebagai sajian menu lebaran 2023. Selamat mencoba dan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Terima Kasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel